News Ticker

Tips Agar Tetap Produktif Ketika Bekerja Remote

Seiring jaman modern dengan koneksi internet saat ini bekerja dari rumah merupakan salah satu trend di perusahaan-perusahaan modern. Hal ini dikarenakan setiap orang punya karakteristik kerja masing-masing. Ada yg lebih suka kerja di tempat yang sepi, ada yang suka kerja di kafe, ada yang baru bisa fokus di malam hari, dsb.

Tapi dibalik semua itu tak jarang yang produktifitas menurun ketika mulai bekerja remote. Perubahan jam kerja dari 9-5 menjadi ‘bekerja kapanpun kita mau’ menjadikan alasan kita untuk menunda-nunda pekerjaan. Dan juga tidak ada rekan kerja didekat kita yang bisa mengingatkan kita untuk bekerja. Tapi jangan khawatir! Selalu ada solusi jika kita mencarinya. Berikut adalah tips-tips agar tetap produktif ketika bekerja remote:

1. Tetapkan jam kerjamu

Musuh besar dari bekerja remote adalah bekerja tanpa pengawasan. Pada saat bekerja remote itulah kita diuji apakah kita tetap punya komitmen dan tanggung jawab dalam bekerja. Tips pertama dalam kerja remote adalah dengan menetapkan jam kerja. Menetapkan jam kerja akan mencegah kita dari procastination atau malas-malasan dan juga membuat kita disiplin.Untungnya kita bebas menentukan kapan kita bekerja (penulis biasanya bekerja dari pagi sampai sore untuk menyesuaikan dengan rekan kerja lain). Orang yang terbiasa bangun pagi bagusnya bekerja di pagi hari dan orang yang baru bisa fokus di malam hari bisa bekerja dimalam hari. Asalkan kita disiplin dengan jam kerja kita, tidak bermain ataupun jalan-jalan pada saat jam kerja, maka kerja remote akan lancar. 🙂

2. Buat target harian

Target akan memotivasi kita untuk tetap bekerja. Tantang dirimu sendiri, apakah kamu bisa bekerja lebih cepat dari sebelumnya. Ketika sudah akhir minggu, evaluasi kerjaan. Apakah sudah tercapai targetnya atau justru makin lambat tercapai?Ada beberapa aplikasi dan teknik yang bisa dipakai untuk monitoring target. Salah satunya adalah Pomodoro technique yang dapat melatihmu untuk fokus bekerja dalam periode pendek. Ada juga Rescue Time yang dapat memonitor tingkat produktivitas dari log komputermu.

3. Bekerja di co-working space

Salah satu tantangan dari bekerja remote adalah kita tidak mendapatkan atmosfir bekerja seperti dikantor pada umumnya. Kadang kala kita akan merasa kesepian karena tidak ada teman yang bisa diajak ngobrol, tidak ada makan siang dengan teman kerja ataupun happy hour dikantor. Dan hal selanjutnya yang terjadi adalah kita akan kehilangan motivasi untuk bekerja. Hal ini dapat diatasi dengan bekerja di co-working space atau bisa juga di kafe. Dengan bekerja di co-working space/kafe, kita tetap mendapatkan atmosfir bekerja. Di co-working space ada orang lain yang juga membicarakan kerjaan mereka yang tentunya berimbas kepada motivasi bekerja kita sendiri. Di artikel berikut juga disebutkan beberapa keuntungan bekerja di kafe.

4. Hilangkan gangguan ketika bekerja

Bekerja dirumah/remote memiliki banyak gangguan. Bisa jadi ketika sudah waktunya bekerja, anda mendapatkan kiriman game baru dan tidak sabar mencobanya di konsol anda. Atau bisa jadi anda ingin pergi untuk membeli sesuatu diluar. Atau tiba-tiba ada tv serial baru yang ingin anda tonton. Yup, penulis juga sudah merasakan hal ini. 😀 Cara untuk mengatasi hal ini adalah bisa bekerja di luar, seperti penulis utarakan dipoin ke-tiga. Atau bisa juga dengan membuat ruang kerja sendiri. Saya pernah berbicara dengan salah seorang freelancer yang membuat satu ruangan dirumahnya menjadi kantor. Ia juga menetapkan jam kerja, memakai kemeja ketika hendak bekerja dan benar-benar fokus ketika bekerja.

5. Tetap jaga komunikasi dengan rekan kerja

Ini poin kritikal, tentunya kita tidak ingin dilupakan oleh rekan kerja kita di tempat lain. Dengan menjaga komunikasi lewat Skype, obrolan ringan dan sharing video lucu di internet akan tetap menjaga silaturahmi dengan rekan kerja. Penulis sendiri masih sering bermain Starcraft dengan rekan kerja ketika kerjaan sudah selesai tentunya 😀

5 Tulisan Terakhir Oleh Aslam Hadi

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Aslam Hadi
About Aslam Hadi (2 Articles)
Software engineer at day, Starcraft player at night.